• Tentang Kami

    Latar belakang berdirinya Bali Caring Community (BCC).
    more...
  • Bantu Kami

    Mohon bantu kami membantu mereka yg kurang beruntung.
    more...
  • Kegiatan

    Program kerja/kegiatan Bali Caring Community (BCC).
    more...

I Gusti Made Suda, di usia senja masih harus bekerja sebagai tukang pikul di pasar

Tanggal Kunjungan: 9 Oktober 2015

Nama: I Gusti Made Suda (L/sekitar 80 tahun)

Pekerjaan: tukang pikul/buruh angkut di pasar

Alamat: Br. Menak, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar

Keterangan: lansia miskin sebatang kara

Update 23 Mei 2016: kami sudah mencoba membuatkan rekening bank untuk ybs, namun tidak berhasil karena berbagai kendala. Jika Anda berkenan membantu, kami akan antar bantuan tsb ke rumah ybs setiap 3-4 bulan sekali.

Donatur Tetap:

  1. Lynda Pearson, USD 20 setiap bulan, mulai Agustus 2016
  2. Mohon hubungi kami jika Anda ingin menjadi donatur tetap untuk ybs.

BESAR

I Gusti Made Suda tinggal seorang diri di rumahnya, istrinya sudah lama meninggal, mereka tidak memiliki anak.

Meskipun sudah tua (sekitar 80 tahun), ybs masih mampu bekerja sebagai tukang pikul/buruh angkut di Pasar Tulikup. Ybs bekerja di pasar setiap hari dari jam 3 pagi sampai jam 10 pagi, “dalam sehari saya dapat 200 ribu” katanya dalam Bahasa Bali. Penghasilannya saat ini tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun dari pengamatan kami ybs mungkin tidak akan kuat lagi bekerja sebagai tukang pikul dalam beberapa tahun ke depan karena usianya/kondisi fisiknya.

Kondisi rumahnya; lantai semen, dinding bata, atap genteng, kayu2 tiang penyangga rumah, pintu dan jendela semuanya sudah lapuk, ada 2 ruangan; 1 ruangan untuk kamar tidur ybs, 1 ruangan lainnya dibiarkan kosong. Tidak ada kasur, listrik dan air minta dari tetangga. Ybs mendapatkan bantuan renovasi rumah dari Pemkab Gianyar yg digunakan untuk membuat “bale dangin” yg sekarang masih dalam proses pengerjaan.

Bantuan Anda kepada I Gusti Made Suda bisa berupa sembako, kasur, atau dalam beberapa tahun ke depan ybs akan memerlukan bantuan dana untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari.

Berikut beberapa dokumentasi yg sempat kami ambil.

Santunan Tunai
Santunan Tunai
Photo Bersama
Photo Bersama
Rumah
Rumah
Teras Rumah
Teras Rumah
Teras Rumah
Teras Rumah
Kamar Tidur
Kamar Tidur
Kamar Kosong
Kamar Kosong
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi
Proyek Renovasi

Berikut dokumentasi video yg kami ambil pada tgl 9 Oktober 2015.

Alamat: Br. Menak, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar
Koordinat: 8°33’00.1″S 115°21’28.9″E (Lihat di Google Maps)

2 Komentar

  1. Nita Dewi says:

    Terima kasih atas info yang sdh di share..jikalau saya ingin memberi sumbangan, apakah ada nomor hp yang bisa saya hubungi? bagaimanakah keadaan kakek ini sekarang?

    Mohon infonya, terima kasih

  2. Admin says:

    @Nita Dewi. Mohon maaf ybs tidak punya hp, ada 1 tetangganya juga tidak punya hp. Jika ingin berkunjung ke ybs tolong print halaman ini beserta map-nya. Terima kasih.


*

BERITA
Pada tgl 14 September 2017, dalam acara pembukaan Karangasem Travel Mart 2017 di Taman Sukasada Ujung, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memberikan penghargaan kepada Bali Caring Community (BCC) atas ...
 
Pada tgl 27 Nopember 2016 Bali Caring Community (BCC) berpartisipasi dalam acara Community Day 2016 yang diselenggarakan oleh KOMINFO BEM PM Universitas Udayana dengan tema “Bebas dalam Batas” yang berlandaskan pada ...
 
Bali Caring Community (BCC) menerima sumbangan barang bekas. Program 3B ini dimulai pada tgl 1 Agustus 2016 dan mudah-mudahan bisa terus berjalan selamanya. Beberapa pemikiran yang melandasi Program 3B ini antara ...
 
Perusahaan Saleduck Asia sedang mengadakan “Kampanye Amal Saleduck 2016” dan akan mendonasikan Rp 15 juta untuk yayasan, foundation, atau organisasi yang berbasis non profit (nirlaba) di Indonesia. Saleduck Asia adalah ...