Kunjungan I ke Desa Pengotan Bangli

Kategori: Bangli, Paket Sembako

Seperti biasa setiap hari Jumat pertama, kali ini pada tanggal 7 Januari 2011, kami mengunjungi “desa baru” yaitu Desa Pengotan di Kabupaten Bangli. Berangkat dari Denpasar pkl 09.15, setelah beberapa kali berhenti untuk bertanya, akhirnya kami sampai di Kantor Kepala Desa Pengotan pkl 11.10, jarak dari Denpasar ke desa ini adalah 59 km, letaknya sangat dekat dengan Kintamani.

Kebetulan kami bertemu dengan Kepala Desa Pengotan Bapak Wayan Arsana bersama beberapa staff kantor desa lainnya. Dari Bapak Kades kami mendapatkan informasi bahwa Desa Pengotan saat ini masih menjadi “juara satu” dalam hal jumlah RTM (rumah tangga miskin) se-kabupaten Bangli. Dari 966 KK, 517 KK adalah RTM, hampir 60%, bahkan ada beberapa kasus gizi buruk.

Bapak Kades & Staff
Kantor Desa
Kantor Desa
Kantor Desa

Wilayah Desa Pengotan mencakup 8 dusun, sebagian besar warganya bekerja sebagai petani lahan kering/kebun, beternak sapi/babi dan menganyam bambu. Kami perhatikan kondisi desa ini “mirip sekali” dengan Desa Nawa Kerti; tanah yang cukup subur, udara sejuk, ternak sapi/babi, anyaman bambu, hampir tidak ada bedanya.

Program bantuan dari pemerintah untuk desa ini adalah program “bedah rumah” yang pada tahun 2010 sudah terealisasi sebanyak 48 unit rumah. Bantuan lain baik dari pemerintah maupun swasta sampai saat ini belum ada lagi.

Sayang sekali, Bapak Kades dan staff sudah waktunya makan siang dan pulang kantor, karena kami tidak membuat “appointment”, kami tidak bisa mengunjungi RTM kali ini – “bulan depan pasti kita siapkan segala sesuatunya” kata Pak Kades. OK, bulan depan kami akan kembali lagi untuk mempelajari apa yang bisa kita lakukan untuk sedikit membantu RTM di desa ini.

2 Komentar

  1. yogi says:

    saya mau bertanya alamat kantor desa pengotan di dusun, kelurahan dan kecamatan apa ya?

  2. Admin says:

    @ yogi, Desa Pengotan Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Kantor desanya dipinggir jalan, sebelah timur jalan, sebelah kanan jalan kalau dari Dps. Lokasinya dekat dengan Kintamani.

Berikan Komentar


*

Media Sosial