• Tentang Kami

    Latar belakang berdirinya Bali Caring Community (BCC).
    more...
  • Bantu Kami

    Mohon bantu kami membantu mereka yg kurang beruntung.
    more...
  • Kegiatan

    Program kerja/kegiatan Bali Caring Community (BCC).
    more...

Nengah Dana, warga cacat yg berjuang hidup dari menjual Canang

Kunjungan: 23 Januari 2015

Nama: I Nengah Dana (L/58 tahun/pembuat canang)

Istri: Ni Nengah Suparmi (P/38 tahun/pembuat canang)

Anak 1: Ni Putu Gita Andini (P/8 tahun/kelas 2 SD)

Anak 2: Ni Kadek Sri Ayuningsih (P/3 tahun/belum sekolah)

Alamat: Banjar Timbrah, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung

Keterangan: Keluarga cacat dan miskin

Nomor telepon yg bisa dihubungi: 0831-1488-0619

Nomor Rekening: Bank BRI unit Sampalan, No.: 4748-01-005492-53-1, a/n.: Ni Nengah Suparmi

Donatur Tetap:

  1. Indah, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Januari 2015
  2. Santi Gunawan, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Desember 2015
  3. Mohon hubungi kami jika Anda ingin menjadi donatur tetap untuk ybs.

Update tgl 13 Februari 2015; ybs sudah mendapatkan bantuan 2 buah sepeda, 1 lemari, 2 kasur, 4 bantal.

Update tgl 16 Februari 2017; sambungan listrik putus saat ada petir, sekarang tidak ada listrik di rumah ybs.

Update tgl 10 Maret 2017; listriknya sudah menyala.

BESAR

I Nengah Dana (L/58 tahun) menderita cacat/sakit di lutut kaki kirinya sejak kecil, kondisi tersebut yg membuat ybs tidak bisa melakukan pekerjaan lain selain membantu istrinya membuat Canang (sarana sembahyang) yg mereka jual di Pasar Galiran Klungkung. Uang yg mereka hasilkan dari menjual Canang tsb rata-rata Rp. 15.000 sehari, “itu sudah bersih, sudah dipotong ongkos bemo, beli bahan canang, dll” katanya dalam Bahasa Bali. Uang itulah satu-satunya penghasilan mereka, tidak ada penghasilan lainnya. Uang itu harus cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup 4 orang termasuk 2 orang anaknya yg masih kecil-kecil.

Anak pertamanya; Ni Putu Gita Andini (P/8 tahun/kelas 2 SD) sekolah di SDN 1 Satria dengan berjalan kaki selama 1 jam dari rumahnya. Karena kondisi ekonomi keluarga yg kurang mencukupi, anak ini sering tidak membawa bekal/uang jajan saat sekolah, kalaupun ada bekal – hanya Rp. 500.

Pada tahun 2012 keluarga ini pernah mendapatkan bantuan dana Rp. 6 juta untuk program “rehab rumah swadaya” dari Kementerian Perumahan Rakyat, mereka pakai uang tsb untuk mem-batako tembok rumahnya. Untuk tidur mereka tidak ada kasur, untuk listrik mereka diijinkan “nebeng” listrik dari lampu penerangan jalan di Pura Seganing sehingga mereka tidak perlu membayar tagihan listrik setiap bulannya, tapi listrik baru menyala sore-malam saja, pagi/siang tidak menyala.

Bantuan Anda kepada keluarga ini bisa berupa sembako, sepeda untuk sekolah, buku tulis/perlengkapan sekolah, bantuan dana untuk sekolah, kasur dll.

BCC sudah membuatkan rekening bank atas nama ybs (Ni Nengah Suparmi) sehingga Anda bisa membantu secara langsung. Jika Anda ingin bertemu dengan ybs, BCC siap mengantar Anda ke rumahnya, atau bisa juga menghubungi kerabat ybs; Ketut Purna di 081337754337.

Berikut ini beberapa dokumentasi yang sempat kami ambil.

1-Kaki-Kiri-Cacat
Kaki Kiri Cacat
2-Membuat-Canang
Membuat Canang
3-Istri-Membuat-Canang
Istri Membuat Canang
4-Anak
Anak
5-Keluarga-Nengah-Dana
Keluarga Nengah Dana
6-Rumah
Rumah
7-Tempat-Tidur
Tempat Tidur
8-Dapur
Dapur

Pada hari Jumat tgl 13 Februari 2015 kami mengantarkan bantuan dari donatur berupa: 1 lemari, 2 kasur, 4 bantal, 2 sprei, 4 sarung bantal, 2 selimut, 2 sepeda, pakaian bekas layak pakai, dan paket sembako kepada ybs. Laporannya kami posting di halaman ini.

Berikut dokumentasi video yg kami ambil pada tgl 16 Februari 2017.

Alamat Rumah: Banjar Timbrah, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung
Koordinat: 8°31’47.6″S 115°24’37.4″E (Lihat di Google Maps)

11 Komentar

  1. Made Rasniti says:

    bisa minta no rek. ibu Nengah Suparmi, Astungkara saya ingin membantu sedikit

  2. Admin says:

    @Made Rasniti, Nomor Rekeningnya: Bank BRI unit Sampalan, No.: 4748-01-005492-53-1, a/n.: Ni Nengah Suparmi. Terima kasih sebelumnya.

  3. Yande Wahyu Adi Arta says:

    Saya ada sepeda kecil bekas dirumah bisa diambil ga ngih?
    No hp tyng 08174710980

  4. Admin says:

    @Yande Wahyu Adi Arta, kebetulan untuk keluarga ini kami baru saja menerima sumbangan 2 sepeda dan 2 kasur & bantal. Jika Bapak berkenan, kami bisa sumbangkan sepeda Bapak tsb utk kelurga lainnnya, atau mungkin Bapak ingin menyimpannya dulu – nanti kalau ada yg membutuhkan – kami akan menghubungi Bapak kembali. Terima kasih banyak atas atensi Bapak.

  5. anak agung bagus putra says:

    Kami bisa minta alamat beliau yang lengkap? Saya akan berusaha untuk turun ke lapangan / ke rumah beliau

  6. i komang donalt sudiarta says:

    tiang kebetulan ada rejeki nanti tiang transer, mungkin bisa bermanfaat nanti untuk keluarga bapak dana….untuk bcc terimakasih atas perhatiannya kepada masyarakat bali….

  7. Admin says:

    @i komang donalt sudiarta, inggih suksme Pak Komang, atas nama ybs dan seluruh team BCC sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih.

  8. Admin says:

    @anak agung bagus putra, alamat ybs di Banjar Timbrah, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.Terima kasih sebelumnya.

  9. ketut karimbawa says:

    Tadi tiang sempat kesana..memang keadaan memang memprihatinkan…..

  10. Admin says:

    @ketut karimbawa, inggih terima kasih banyak Pak Ketut.

  11. Admin says:

    Pada hari Jumat tgl 13 Februari 2015 kami mengantarkan bantuan dari donatur berupa: 1 lemari, 2 kasur, 4 bantal, 2 sprei, 4 sarung bantal, 2 selimut, 2 sepeda, pakaian bekas layak pakai, dan paket sembako kepada ybs. Laporannya kami posting di halaman ini http://balicaringcommunity.org/kunjungan-ke-klungkung-6.html.

BERITA
Pada tgl 14 September 2017, dalam acara pembukaan Karangasem Travel Mart 2017 di Taman Sukasada Ujung, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memberikan penghargaan kepada Bali Caring Community (BCC) atas ...
 
Pada tgl 27 Nopember 2016 Bali Caring Community (BCC) berpartisipasi dalam acara Community Day 2016 yang diselenggarakan oleh KOMINFO BEM PM Universitas Udayana dengan tema “Bebas dalam Batas” yang berlandaskan pada ...
 
Bali Caring Community (BCC) menerima sumbangan barang bekas. Program 3B ini dimulai pada tgl 1 Agustus 2016 dan mudah-mudahan bisa terus berjalan selamanya. Beberapa pemikiran yang melandasi Program 3B ini antara ...
 
Perusahaan Saleduck Asia sedang mengadakan “Kampanye Amal Saleduck 2016” dan akan mendonasikan Rp 15 juta untuk yayasan, foundation, atau organisasi yang berbasis non profit (nirlaba) di Indonesia. Saleduck Asia adalah ...