Ni Nengah Cara, warga miskin di Desa Sambirenteng, Tejakula, Buleleng

Kunjungan: 4 Maret 2016

Nama: Ni Nengah Cara (P/50-an tahun)

Pekerjaan: petani kebun, berternak sapi

Alamat: Lingkungan Batan Poh, Br. Silagading, Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng

Nomor telepon yg bisa dihubungi:

  • Iluh Wilantari; tetangga ybs, 08970108166 / 085737030112
  • I Made Gunung; tetangga ybs, 085792238577

Keterangan: warga miskin

Jika Anda ingin menjadi donatur tetap untuk ybs, kami akan membuatkan rekening bank atas nama ybs, sehingga Anda bisa membantu ybs secara langsung.

Update 24 September 2016: ybs sudah mendapatkan bantuan bedah rumah.

BESAR

Ni Nengah Cara tinggal seorang diri, suaminya sudah lama meninggal, mereka memiliki 4 orang anak; 2 orang laki2 dan 2 orang perempuan, 3 orang diantaranya sudah menikah, 1 orang masih bujang. Tidak satupun anaknya tinggal dengan ybs, 2 orang anak perempuannya sudah menikah dan tinggal bersama suaminya, 2 orang anak laki2nya tinggal di Denpasar dan bekerja sebagai buruh dan tukang kebun. Anak2 mereka kadang2 pulang kampung kalau ada upacara/piodalan.

Sumber penghasilan: ybs bekerja sebagai petani kebun dan ngadas 2 ekor sapi milik tetangganya, penghasilannya tidak menentu, anak2nya kalau pulang kadang2 ada yg membantu memberi uang seadanya.

Pada musim kemarau, ybs harus membeli air bersih untuk keperluan masak, minum, dsb, termasuk untuk minum ternak sapinya. Ybs membeli air seharga Rp. 80.000 per tangki, 1 tangki air habis dipakai kira2 dalam 15 hari.

Kondisi rumah: lantai teras dari semen, lantai kamar dari tanah, kamar terasa pengap dan sesak karena panas dan berdebu, dinding dari anyaman bambu yg sudah jebol di sisi samping, atap seng yg juga sudah bocor di beberapa bagian. Ada 2 kamar tidur, dua2nya sudah ada tempat tidur/dipan beserta kasurnya.

Bantuan Anda kepada Ni Nengah Cara bisa berupa ternak sapi/babi, sembako atau bantuan dana untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari, atau bantuan dana untuk perbaikan rumah.

Berikut beberapa dokumentasi yg sempat kami ambil.

Rumah
Rumah
Rumah
Rumah
Tempat Tidur
Tempat Tidur
Tempat Tidur
Tempat Tidur
Dapur
Dapur
Dapur
Dapur
Dapur
Dapur

Berikut dokumentasi video yg kami ambil pada tgl 4 Maret 2016.

Alamat: Lingkungan Batan Poh, Br. Silagading, Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng
Koordinat: 8°09’37.0″S 115°25’02.7″E (Lihat di Google Maps)

Berikan Komentar


*

Media Sosial