• Tentang Kami

    Latar belakang berdirinya Bali Caring Community (BCC).
    more...
  • Bantu Kami

    Mohon bantu kami membantu mereka yg kurang beruntung.
    more...
  • Kegiatan

    Program kerja/kegiatan Bali Caring Community (BCC).
    more...

Niang Korta, lansia miskin yg menjadi pemulung di tengah Kota Klungkung

Tanggal kunjungan: 5 Juni 2015

Nama: Sang Ayu Niang Korta (P/sekitar 75 tahun)

Pekerjaan: pemulung

Alamat: Br. Bendul, Kelurahan Semarapura Tengah, Kabupaten Klungkung

Nomor telp yg bisa dihubungi: 081353251272 (Sang Putu Darma Adnyana; keponakan ybs)

Keterangan: lansia miskin

Kami sudah mencoba membuatkan rekening bank untuk ybs namun tidak berhasil karena berbagai kendala. Jika Anda berkenan membantu, kami akan antar bantuan tersebut ke rumah ybs setiap 3-4 bulan sekali, kami akan mengirim dokumentasi penyerahan bantuan tersebut kepada Anda via email.

Donatur Tetap:

  1. NS, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Nopember 2015
  2. Cahyandari Listy, USD 10 setiap bulan, mulai Nopember 2015
  3. Stefanie Teguh, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Agustus 2017
  4. Mohon berkenan membantu warga yang lain agar bantuan bisa lebih merata.

BESAR

Niang Korta tinggal masih dalam 1 pekarangan dengan 2 adik kandungnya:

  • Sang Ayu Putu Suri; tidak pernah menikah
  • Sang Putu Sura dan keluarganya, sudah punya anak dan cucu

Berbeda dengan kedua adiknya yg menempati rumahnya masing2, Niang Korta tidak memiliki rumah, ybs tinggal nebeng di lorong di bagian belakang rumah adiknya, atap lorong tersebut disambung darurat agar sekedar tidak kehujanan/kepanasan, ukuran ruangan/kamarnya sangat sempit, sekitar 1.5 x 2 meter, kamar itu penuh dengan barang rongsokan, tidak ada tempat untuk menaruh kasur, ybs tidur di atas tumpukan kain/baju bekas/barang rongsokan yg dipungutnya dari tempat sampah di jalan-jalan kota Klungkung. Saat musim hujan, kamarnya pasti bocor/tampyas hujan, tidak ada lampu/listrik.

Sumber penghasilan; Niang Korta bekerja sebagai pemulung, “dalam 10 hari saya dapat menjual barang rongsokan Rp. 20 ribu” katanya. Beruntung ybs mendapat bantuan jatah beras miskin (raskin) dari pemerintah setiap bulannya. “Kalau tidak bisa beli ikan, saya cukup makan nasi putih saja” imbuhnya sambil menunjukkan sisa nasi putihnya kepada kami.

Bantuan Anda kepada keluarga ini bisa berupa sembako, atau bantuan dana untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari, atau bantuan dana untuk perbaikan rumah atau pembuatan rumah sederhana.

Berikut beberapa dokumentasi yg sempat kami ambil.

Niang Korta
Niang Korta
Lorong menuju kamar
Lorong menuju kamar
Pintu masuk kamar
Pintu masuk kamar
Di dalam kamar
Di dalam kamar
Lorong menuju kamar
Lorong menuju kamar

Berikut dokumentasi video yg kami ambil pada tgl 25 September 2015.

Alamat: Br. Bendul, Kelurahan Semarapura Tengah, Kabupaten Klungkung
Koordinat: 8°31’59.3″S 115°24’13.2″E (Lihat di Google Maps)

7 Komentar

  1. I Gusti Agung Ayu Sri Saraswati says:

    Iba sekali melihat beliau. Bagaimana bisa saudara beliau yang masih satu pekarangan tega membiarkan beliau sendirian? Kenapa tidak diajak untuk tinggal bersama di dalam rumahnya. Kalau pemerintah memiliki panti jompo. Bantulah niang untuk tinggal di panti jompo.. Suksma.

  2. Suherdilah romadani says:

    Selamat sore

    Saya berminat untuk membantu tapi saya hanya bisa lewat transfer bagaimana saya bisa transfer?

  3. Admin says:

    @Suherdilah romadani. Terima kasih atas feedbacknya. Mohon maaf ybs belum memiliki rekening bank.
    Ada beberapa opsi untuk memberikan bantuan dana kepada ybs:
    1. Jika ibu berkenan untuk menjadi donatur tetap utk ybs, kami akan membuatkan rekening bank atas nama ybs.
    2. Jika donatur tidak tetap; ibu bisa titip transfer ke rekening bank keluarganya jika ada (kami akan cek dulu), atau titip transfer ke rekening BCC, dokumentasi penyerahan bantuan akan dikirim ke ibu setelah donasi diserahkan kepada ybs.
    Demikian kami sampaikan terima kasih.

  4. ria says:

    Mohon untuk memberikan rekening bank, sy cm bs transfer utk membantu..

  5. Admin says:

    @ria. Mohon maaf, ybs takut kalau diajak masuk kantor bank maupun masuk mobil. Sudah ada beberapa calon donatur yg langsung bertemu dgn ybs, dan berniat mengajak ybs ke bank untuk membuatkan rekening bank, namun tidak ada yg berhasil karena ybs tidak berani naik mobil/masuk perkantoran. Mohon berkenan melihat2 profile warga miskin yg lain yg sudah kami buatkan rekening bank. Terima kasih.

  6. Rusmala Dewi says:

    Mohon informasinya bantuan apa yang kami bisa berikan untuk yang bersangkutan

  7. Admin says:

    @Rusmala Dewi. Ybs mungkin tidak memerlukan bantuan dalam bentuk barang karena tempat tinggalnya sangat sempit, itupun kamar ybs sudah penuh dengan barang2 yang didapatkan dari kegiatannya sebagai pemulung atau pemberian dari donatur/warga sekitar. Jika ingin berkunjung mungkin bisa membawakan Walking Stick (tongkat bantu jalan), santunan tunai, atau sedikit sembako karena ybs tinggal sendiri dan jarang memasak. Terima kasih.


*

BERITA
Pada tgl 14 September 2017, dalam acara pembukaan Karangasem Travel Mart 2017 di Taman Sukasada Ujung, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri memberikan penghargaan kepada Bali Caring Community (BCC) atas ...
 
Pada tgl 27 Nopember 2016 Bali Caring Community (BCC) berpartisipasi dalam acara Community Day 2016 yang diselenggarakan oleh KOMINFO BEM PM Universitas Udayana dengan tema “Bebas dalam Batas” yang berlandaskan pada ...
 
Bali Caring Community (BCC) menerima sumbangan barang bekas. Program 3B ini dimulai pada tgl 1 Agustus 2016 dan mudah-mudahan bisa terus berjalan selamanya. Beberapa pemikiran yang melandasi Program 3B ini antara ...
 
Perusahaan Saleduck Asia sedang mengadakan “Kampanye Amal Saleduck 2016” dan akan mendonasikan Rp 15 juta untuk yayasan, foundation, atau organisasi yang berbasis non profit (nirlaba) di Indonesia. Saleduck Asia adalah ...