Bali Caring Community

Kamis, 20 Juni 2024

Yuk Intip! 5 Tips Parenting Anak Usia Dini

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak hal yang perlu diketahui untuk benar-benar siap menjadi orang tua, salah satunya adalah cara mendidik anak yang baik dan benar. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda. Tak jarang, saat berusaha mengarahkan mereka, kita bisa saja mendapatkan penolakan dari mereka. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menerapkan parenting anak usia dini. Kata parenting berasal dari bahasa Inggris yang diartikan sebagai cara pola asuh anak dimana orang tua berperan dalam membimbing, merawat dan mendidik anak serta memberikan perlindungan dan mengawasi perkembangannya dari mereka masih kecil hingga dewasa.

PHOTO

Orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam parenting dikarenakan mereka merupakan guru pertama sekaligus panutan bagi sang anak. Selain itu, parenting yang baik juga akan berpengaruh terhadap masa perkembangan anak, dari pembentukan karakter hingga kesejahteraan mereka nantinya. Mengingat perannya yang sangat besar ini, sangat penting bagi orang tua untuk memiliki pengetahuan yang lebih terkait cara parenting yang baik dan benar.

Parenting anak usia dini mengharuskan orang tua untuk bisa memberikan perhatian yang khusus. Hal ini dikarenakan anak usia dini masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik, psikis, kepribadian, dan intelektual mereka. Memiliki pengetahuan yang lebih mengenai parenting pastinya akan bisa membuat orang tua mengenal karakter sang anak lebih dalam lagi. Nantinya, hal ini juga dapat membantu orang tua untuk bisa menerapkan pola asuh mana yang sesuai dengan karakter anak tersebut. Selain itu, parenting usia dini dengan cara yang baik pastinya memiliki peran yang besar dalam pembentukan karakter anak, di mana hal ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kecerdasan emosional mereka, sikap mandiri, pembentukan kepercayaan diri yang positif, kemampuan dalam menyelesaikan masalah, bahkan mengembangkan rasa ingin tahu dan kemauan untuk belajar mereka.

Adapun tips–tips yang para orang tua bisa ikuti dalam parenting anak usia dini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1) Mendengarkan Ketika Berbicara

Tips yang pertama adalah membiasakan diri untuk mendengarkan ketika anak berbicara. Meskipun mereka masih kecil, tapi perlu diingat bahwa perasaan ingin dihargai pasti sudah muncul pada diri mereka. Biasanya, anak yang sudah berusia 3 tahun sudah mulai terlihat perilaku membangkangnya. Tetapi, perlu diingat bahwa ini bukan berarti mereka benar-benar membangkang. Dengan kata lain, mereka hanya sedang mengeksplorasi diri saja. Oleh karena itu, orang tua harus mencoba mendengarkan apa yang mereka katakan dan memahami itu dengan bijak. Sama halnya saat anak mengungkapkan keluh kesah, masalah, bahkan hal yang membuat mereka bahagia. Sebagai orang tua, pastikan untuk selalu mencoba mendengarkan apa yang mereka katakan dan memberikan pendapat dengan kalimat yang positif. Hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan atau dihargai serta membuat mereka terbiasa untuk bisa mengungkapkan pendapat.

2) Menggunakan Kalimat yang Positif

Sering marah-marah dan menggunakan kalimat-kalimat negatif di depan anak faktanya memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan mental anak. Hal ini bisa membuat anak menjadi takut dan tidak memiliki kepercayaan diri yang baik saat melakukan suatu hal. Menanamkan sikap disiplin dan bersikap tegas pada anak ketika mereka berbuat salah memang perlu, namun perlu diingat oleh para orang tua untuk selalu bisa menggunakan kalimat-kalimat positif. Dengan begitu, anak akan memiliki kepercayaan diri yang baik, mengurangi kecemasan, serta memotivasi mereka.

3) Memberikan Apresiasi dan Pujian

Tips selanjutnya adalah tidak sungkan memberikan apresiasi dan pujian kepada anak. Ketika anak memperoleh prestasi atau melakukan hal baik, tidak salah bagi orang tua untuk memberikan apreasi dan pujian karena hal positif yang mereka lakukan. Hal ini dikarenakan bisa membuat mereka senang, termotivasi untuk melakukan sesuatu yang positif lagi, serta membangun rasa percaya diri mereka sejak dini. Namun perlu diingat juga untuk tidak terlalu berlebihan dalam memberikan pujian kepada anak. Akan lebih baik jika orang tua bisa berhati-hati dalam memilih kalimat-kalimat pujian yang diberikan kepada anak, seperti memuji mereka dengan melihat dari proses belajar mereka dalam menggapai sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah. Hal ini cukup penting karena dapat membuat anak belajar untuk lebih menghargai suatu usaha atau proses dan tidak hanya fokus pada hasil akhir.

4) Memberikan Kasih Sayang yang Cukup

Sebagai orang tua, pastinya ingin memberikan kasih sayang kepada anak. Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan kasih sayang yang berlebihan agar anak tidak manja nantinya. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua memberikan kasih sayang yang cukup kepada anak. Dari hal ini pula, orang tua bisa mendidik mereka sejak dini untuk bisa mengekspresikan rasa sayang secara langsung dan tidak merasa canggung menunjukkannya saat dewasa nanti. Ada saatnya orang tua menunjukkan kasih sayang mereka dengan memenuhi keinginan anak. Tetapi, orang tua perlu berhati-hati dalam memilah keinginan mereka yang mana yang perlu dipenuhi dan tidak. Cara sederhana lainnya yang bisa orang tua lakukan sebagai wujud kasih sayang mereka kepada anak adalah memberikan pelukan. Pada tahun 2014, Carnegie Mellon University di Pittsburgh melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa pelukan memberikan efek yang positif terhadap kesehatan, baik psikis maupun fisik. Dengan memberikan pelukan kepada anak, diharapkan hal ini bisa berdampak positif terhadap masa perkembangan mereka.

5) Memberikan Contoh yang Baik

Tips terakhir yang perlu dilakukan oleh para orang tua adalah memberikan contoh yang baik kepada anak. Seperti yang dikatakan sebelumnya, orang tua memiliki peran yang besar dalam mendidik anak dan mereka kerap menjadi panutan sang anak selama masa perkembangan mereka dari usia dini. Dengan mengamati orang tuanya, anak akan berkaca dari perilaku mereka dan sangat besar kemungkinannya untuk anak berperilaku yang sama juga. Oleh karena itu, sebisa mungkin orang tua berperilaku yang baik di depan anak, seperti sopan santun, menghormati orang lain, rajin, bahkan sampai menjaga kebersihan diri.

Menjadi orang tua memiliki tanggungjawab yang besar terhadap perkembangan anak, baik secara psikis maupun fisik. Parenting pun, terutama untuk anak usia dini, pastinya tidak akan mudah karena tantangan-tantangan tertentu yang mungkin orang tua akan hadapi. Oleh karena itu, orang tua perlu mengingat bahwa parenting membutuhkan kesabaran dan harus dilakukan dengan baik serta tekad yang kuat. Dengan memiliki tips-tips tertentu dalam parenting anak usia dini, hal ini semestinya dapat membantu orang tua dalam mendidik anak mereka. Tentunya, jika tips-tips ini dilakukan secara konsisten, ini akan berdampak positif terhadap pembentukan karakter, kesehatan psikis dan fisik, serta prestasi akademik anak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top