Bantuan Langsung

Kata kunci BCC adalah direct donation (bantuan langsung).

BCC tidak semata-mata mengumpulkan sumbangan dengan mengatasnamakan warga miskin, melainkan semaksimal mungkin, dengan berbagai cara, memfasilitasi donatur agar bisa memberikan bantuan secara langsung kepada yang benar-benar membutuhkan.

Konsep “Bantuan Langsung” ini tertuang jelas dalam Visi dan Misi BCC, serta menjadi tujuan utama pendirian BCC.

Visi BCC

Menjadi referensi utama untuk memberikan bantuan secara langsung kepada yang membutuhkan

Misi BCC

  1. Menyediakan data informasi yang lengkap untuk mendukung terwujudnya bantuan langsung.
  2. Membangun jaringan relawan di setiap daerah untuk membantu penyampaian bantuan secara langsung.
  3. Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui media internet.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut, team BCC telah mensurvei dan melakukan penilaian (assessment) atas ratusan warga miskin di seluruh Bali door-to-door sejak tahun 2010. Semua hasil survei tersebut sudah kami posting di website ini.

BCC memiliki acuan standar/kriteria dalam melakukan penilaian atas warga yang di survei. Hanya warga yang memenuhi kriteria tersebut yang kami posting di website BCC.

Bagaimana Cara Memberikan Bantuan Secara Langsung

Untuk memberikan bantuan secara langsung, pertama-tema Anda harus memilih warga yang ingin Anda bantu.

Pilih Warga yang Ingin Anda Bantu

a) Pilih warga berdasarkan kondisinya:

b) Pilih warga berdasarkan lokasinya:

Setelah tahu siapa warga yang ingin dibantu, selanjutnya Anda bisa memberikan bantuan dengan Transfer Bank atau Datang Langsung ke Rumah Warga.

Transfer Bank

Transfer dana bantuan langsung ke rekening bank warga

Sebagian besar warga miskin sudah kami buatkan rekening bank sehingga donatur bisa transfer langsung ke rekening ybs tersebut.

  • Jika warga yang Anda pilih sudah memiliki rekening bank maka Anda bisa mentransfer dana bantuan langsung ke rekening warga tersebut.
  • Jika warga yang Anda pilih belum memiliki rekening bank, maka kami akan membuatkan rekening bank atas nama warga yang bersangkutan*

*Relawan BCC akan berkoordinasi dengan aparat banjar/desa setempat untuk membuatkan rekening bank untuk warga yang Anda pilih. Kami akan mengajak warga tersebut ke kantor bank terdekat (Bank BRI/BPD), sekaligus mengedukasi ybs bagaimana caranya menarik dana bantuan di bank. Rekening bank tersebut adalah untuk dan atas nama warga tersebut, bukan atas nama BCC/relawan BCC/aparat banjar/aparat desa dan lain sebagainya.

Jumlah dana bantuan bebas. Kami menyarankan ilustrasi bantuan sbb; lebih baik membantu 5 warga masing-masing Rp. 100.000 daripada membantu 1 warga Rp. 500.000.

Untuk bantuan tidak tetap, Anda bisa langsung transfer dana bantuan ke rekening warga. Tidak ada proses administrasi yang perlu diikuti.

Untuk bantuan tetap, silahkan baca: Cara Menjadi Donatur Tetap.

Datang Langsung ke Rumah Warga

Dengan datang langsung ke rumah warga, Anda bisa melihat langsung kondisi warga. Anda bisa melihat langsung kebahagian mereka atas perhatian yang diberikan.

Bantuan bisa berupa paket sembako, uang tunai, kasur, bantal dsb sesuai dengan daftar bantuan yang kami rekomendasikan di masing-masing Profile warga.

Profile masing-masing warga sudah kami buat selengkap mungkin.

  • Terdapat Alamat Lengkap dan Peta Lokasi rumah warga. Jika tidak ada gangguan sinyal internet, Anda bisa datang sendiri ke rumah warga dengan mengikuti alamat dan peta lokasi tersebut.
  • Tersedia Nomer HP Relawan BCC/Aparat Desa/Banjar setempat yang bisa Anda hubungi untuk mengantarkan Anda ke rumah warga. Untuk kenyamanan bersama, disarankan untuk membuat janji terlebih dahulu.

Sudah saatnya Anda bisa memilih dan menentukan sendiri siapa yang ingin Anda bantu, dan Anda bisa memberikan bantuan tersebut secara langsung. Anda tidak lagi memerlukan perantara pihak lain untuk menyalurkan bantuan Anda.

Jika postingan ini bermanfaat, mohon dibantu share atau berikan komentar di form di bawah ini.

Berikan Komentar


Media Sosial

WhatsApp 087861943126
WhatsApp 081239993144
LINE 087861943126
LINE 081239993144
Telegram 081239993144