Bali Caring Community

Sabtu, 28 Januari 2023

Panti Asuhan Semaraputra Asuh 90 Anak, Minim Bantuan

Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil di Bali. Memiliki empat kecamatan (Kecamatan Klungkung, Dawan, Banjarangkan dan Kecamatan Nusa Penida). Kabupaten ini lebih dikenal karena objek wisatanya seperti Taman Gili Kertagosa, lukisan Wayang Kamasan, Goa Lawah dan lainnya. Padahal, Klungkung juga memiliki sisi lain, terutama menyangkut kemiskinan dan penyandang cacat. Sebagaimana keberadaan Panti Asuhan Semaraputra di Jalan Dewi Sartika 5 Klungkung.

Didirikan tahun 1984 oleh Bupati Klungkung waktu itu, dr Cokorda Gede Agung, karena kepeduliannya dengan penyandang cacat. Hingga saat ini, panti asuhan yang berdiri di lahan seluas 40 are itu mengasuh 90 anak penyandang cacat dan anak normal dari keluarga kurang mampu. Mereka ditampung dengan harapan dapat menyelesaikan pendidikan hingga SMA. Untuk memenuhi biaya operasional panti asuhan, dilakukan secara swadaya dengan mengajukan proposal kepada instansi terkait di pemerintahan. Salah satunya ke Pemkab Klungkung dan Departemen Sosial. Anak-anak yang ditangani Departemen Sosial hanya 70 anak dengan pemberian Rp 3.000/anak/hari. Dari Yayasan Darmais dibantu Rp 1.500/hari untuk 30 anak. Ada juga bantuan dari Pemkab Klungkung Rp 30 juta melalui APBD tahun 2010. Begitu juga bantuan yang bersifat insidentil dari BPD tahun 2010 Rp 15 juta. “Kekurangannya diusahakan sendiri, seperti menjual hasil kebun, ternak dan hasil penjualan canang. Itu pun kalau hasilnya bagus,” ujar Pimpinan Panti Asuhan Semaraputra, Ni Made Gunasih, Minggu (22/8) kemarin.

Gunasih mengaku sangat berharap kepada masyarakat, baik secara individu, organisasi, lembaga maupun pemerintah berpatisipasi melanjutkan operasional panti asuhan yang saat ini masih menyekolahkan hampir semua anak asuhnya. Baik tingkat sekolah dasar, menengah pertama (SMP) dan atas (SMA). Pasalnya, kata dia, Panti Asuhan Semaraputra menghabiskan dana  sedikitnya Rp 12 juta perbulan untuk keperluan konsumsi anak asuh, listrik dan air. “Kami kan tidak punya dana tetap, baik berupa deposito maupun yang lainnya. Karenanya, kami berharap partisipasi semua pihak,” harap Gunasih yang saat ini mengajak 6 orang petugas di panti asuhan tersebut. Apalagi, di tengah keterbatasannya, panti asuhan itu tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi anak asuhnya. Seperti memberi pelajaran khusus bahasa Inggris dan computer pada sore harinya.

Sumber: Bali Post 23 Agustus 2010.

38 komentar untuk “Panti Asuhan Semaraputra Asuh 90 Anak, Minim Bantuan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Om Swastiastu..
    saya ayu, saya juga ingin membantu yayasan yatim piatu yang ibu miliki, walaupun tidak banyak, tapi mudah2an bisa sedikit membantu.salam hormat saya untuk ibu dan anak2 disana.
    om shanti3 om…

  • @jero manik. Mohon maaf kami tidak punya kapasitas dalam bidang itu, mohon bisa cek di Yayasan Sayangi Bali – yayasansayangibali.wordpress.com. Terima kasih.

  • Om swastyastu…saya ibu jero manik dr denpasar
    Ingin tanya…apakah ada anak balita atau bayi baru lahir yg bisa diadopsi?dan bagaimana prosedurnya jika ada…suksma

  • @dewa made. Mohon berkenan telp langsung ke Panti Asuhan Semara Putra, dengan Pangasuh Panti: Ibu Ni Made Gunasih di 081 353 171 420/0366-25670. Terima kasih.

  • wulan karmila

    Dear admin, mohon infonya bagaimana kondisi panti ini saat ini. Karena kntor tempat sya bekerja berencana untuk menyelenggarakan csr di panti asuhan yang benar2 membutuhkan. Thx

  • om swastiastu, terima kasih atas responsnya….lain waktu saja saya hubungi, tapi sudah saya transfer dananya walaupun tidak begitu banyak. salam hormat saya untuk ibu Ni made Gunasih

  • @tude. Mohon agar Bapak bisa menghubungi Pangasuh Panti Asuhan Semara Putra: Ibu Ni Made Gunasih di 081 353 171 420/0366-25670. Terima kasih.

  • Om Swastiastu, ibu saya ingin ikut membantu yayasan yatim piatu yang ibu miliki, walaupun tidak banyak, tapi mudah2an bisa sedikit membantu. salam hormat saya untuk ibu dan anak2 asuh ibu. om shanti

  • Dear Ibu Nara Yanti, untuk hal tsb mohon ibu bisa langsung menghubungi Kepala Panti: Ibu Ni Made Gunasih, Telp.: 081 353 171 420/0366-25670, Alamat: Jl. Dewi Sartika No. 5 Semarapura, Klungkung. Terima kasih.

  • ni putu nara yanti

    saya nara yanti lulusan smk kesehatan suar bangli, apakah boleh saya melamar kerja disana? jika diperbolehkan mohon ibu/bapak bisa menghubungi saya di 085738281589

  • Bapak Krisna, Sepengetahuan kami di Panti Asuhan Semara Putra tidak ada/tidak banyak anak usia 1 sampai 3 tahun. Saat kami berkunjung, Panti Asuhan Semara Putra memiliki 121 orang anak asuh; 46 anak usia sekolah dasar (SD), 35 anak usia sekolah menengah pertama (SMP) dan 40 anak usia sekolah menengah atas (SMA). Info selengkapnya ada di halamana ini https://balicaringcommunity.org/panti-asuhan-semara-putra-klungkung.html. Agar tidak mubazir mungkin kami bisa mohonkan bantuan sembako. Atau Bapak bisa menghubungi Pangasuh Panti: Ibu Ni Made Gunasih, telp.: 081 353 171 420/0366-25670. Terima kasih.

  • saya mau bertanya.saya mau berbagi buat anak2 di panti asuhan semara putra.. kebetulan saya dan teman2 dari australia ingin berbagi pakaian bekas anak2,kira panti asuhan semara putra mebutuhkan apa tidak. baju yang akan saya bagikan semuanya layak pakai. berkisar untuk anak 1 sampai 3 tahun.. terima kasih.

  • Silahkan Ibu. Berikut ini kontak Panti Asuhan Semara Putra. Pangasuh: Ibu Ni Made Gunasih. Telp.: 081 353 171 420/0366-25670.

  • Saya ada mau berkunjung tgl 07/07/2014..nanti untuk lebih lanjutnya saya telpn pengurusnya saja..suksma

  • Dear Bapak/Ibu Lingga, berikut details rekening Panti Asuhan Semara Putra: Bank BRI Cab. Semarapura Rek. No. 0114-01-000078307. Untuk informasi selengkapnya mohon menghubungi pangasuh panti: Ibu Ni Made Gunasih, telp.: 081 353 171 420/0366-25670. Terima kasih.

  • Pak Admin, ada nomor rekening gak tapi lebih baiknya nomor rekeningnya atas nama yayasan. saya mau kirim sedikit yang saya bisa bantu.

    Terimakasih

    Lingga

  • Terima kasih Ibu Ida Ayu Mirah Yuanita, kami sudah konfirmasikan jadwal kedatangan ibu ke Pangasuh Panti: Ibu Ni Made Gunasih, dan beliau memang sudah di info oleh Pak Wayan sebelumnya. Berikut nomer telp panti 081 353 171 420/0366-25670. Selamat berbagi.

  • ida ayu mirah yuanita dewi

    selamat pagi….sebelumnya saya sudah menghubungi bapak wayan selaku pengurus dsna. untuk lebih mengkonfirmasi kedatangan saya dan keluarga. saya dan keluarga dari griya mas jimbaran akan berkunjung datang tgl 1 februari ini pukul 9 wita pagi. tolong diinformasikan ke anak-anak panti terimakasih

  • Lebih baik Bapak menghubungi pengurus terlebih dahulu sebelum berkunjung, tapi kalau mau langsung datang juga tidak apa2, hanya saja kadang2 ibu pengasuh tidak ada di tempat atau anak2 panti masih sekolah.

  • Ada bbrp anak yg cacat. Ibu bisa hub pengurus pantinya: Ibu Ni Made Gunasih. Telp.: 081 353 171 420/0366-25670

  • Pemerintah Propinsi sebaiknya punya data dan profil seluruh panti asuhan di bali. sehingga bisa menyusun program dan peningkatan kwalitas daripada panti asuhan tersebut, baik yayasan hindu, kristen dan islam sebab semuanya itu tujuannya mulia menanggulangi kemiskinan dan pendidikan anak di bali.

  • apakah bayi yang dititip di panti bisa dijenguk setiap minggu, maaf, kalau bisa cantumkan nomor telfonnya, agar saya bisa menghubungi.

  • Untuk anak2 anak yang di Panti asuhan apakah ada yang masih balita? atau semua sudah usia sekolah.

    Apakah panti mempunyai program kakak asuh bagi anak anak yang sudah usia sekolah…terima kasih

  • kalo saya mw lihat daftar panti Asuhan atau yayasan sosial yang ada di Bali, trutama daerah Denpasar, dmn yah?

    Trims sblumnya

  • Apa ada contact person panti asuhannya?
    saya dan beberapa teman berencana ingin sedikit membantu saudara-saudara kita disana.

    Terima Kasih
    Salam.