Bali Caring Community

Minggu, 27 November 2022

Pekak Minik, lansia miskin sebatang kara di Desa Taro, Tegallalang, Gianyar

Kunjungan: 16 Januari 2015

Nama: I Wayan Minik (Pekak Minik)

Pekerjaan: Petani kebun

Istri: Sudah meninggal 25 tahun yg lalu

Alamat: Banjar Taro Kaja, Desa Taro, Tegallalang, Gianyar (dekat dengan pintu masuk Elephant Safari Park di Desa Taro)

Keterangan: Lansia miskin sebatang kara

Nomor Rekening: Bank BRI unit Tegallalang, No.: 3566-01-012951-53-9, a/n.: I Wayan Minik

Donatur Tetap:

  1. LW, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Februari 2015 – Agustus 2017
  2. RD, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Februari 2015 – Agustus 2017
  3. Rudy Laurens, Rp. 100.000 setiap bulan, mulai Juni 2016 – Agustus 2017

Update tgl 4 Agustus 2017; kami mendapatkan kabar bahwa ybs sudah meninggal.

BESAR

Pekak (kakek) Minik tinggal seorang diri di tengah tegalan yg lokasinya dekat dengan pintu masuk Elephant Safari Park di Desa Taro, istrinya sudah meninggal sekitar 25 th yg lalu. Untuk sekedar bisa makan, Pekak Minik bekerja sebagai petani kebun dan memelihara beberapa ekor ayam dan babi. Pekak Minik kadang-kadang disuruh “mekemit” di Pura Dalem Pingit yg terletak tidak jauh dari gubuknya, “1 malam saya di kasi 10ribu, saya mekemit 2-4 kali dalam sebulan” ujarnya dalam bahasa Bali.

Gubuknya sangat sederhana, namun bersih dan rapi, ada dua ruangan; kamar tidur dan dapur. “Beruntung ada orang yang memberikan sumbangan kasur” imbuhnya saat kami masuk ke kamar tidurnya.

Bantuan Anda kepada Pekak Minik bisa berupa sembako, pakaian bekas, dan bantuan dana untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari.

Berikut ini beberapa dokumentasi yang sempat kami ambil.

1-Pekak-Minik_s
Pekak Minik
2-Rumah_s
Rumah
2-Rumah_s
Tempat Tidur
4-Dapur_s
Dapur
5-Membuat-Makanan-Babi_s
Membuat Makanan Babi
6-Ternak-Ayam_s
Ternak Ayam

Alamat Rumah: Banjar Taro Kaja, Desa Taro, Tegallalang, Gianyar (dekat dengan pintu masuk Elephant Safari Park di Desa Taro)
Koordinat: 8°23’25.6″S 115°17’00.6″E (Lihat di Google Maps)

8 komentar untuk “Pekak Minik, lansia miskin sebatang kara di Desa Taro, Tegallalang, Gianyar”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • @Ananta jenar. Mohon maaf sebesar2nya, kami baru tahu bahwa ybs sudah meninggal. Mohon maaf ngih, kami akan update donaturnya secepatnya. Terima kasih banyak atas informasinya.

  • Saya hari ini sudah menyiapkan bantuan pakaian dan dana untuk pekak Minik, namun saat saya sampai di Taro tegalalang ternyata pekak Minik sudah meninggal dunia. Mohon untuk admin klo bisa dibuat mekanisme update data, agar bantuan melalui transfer lebih efektif. Terimakasih.

  • selamat siang, kemarin tgl 20 nov 2015 bertepatan dgn hari Perkawinan Kami yg ke 10, sy bersama istri berkunjung ke rumah pekak minik dan memberikan dana punia sekedar membantu, pekak minik dalam keadaan sehat ,senang melihat beliau yg sehat dan semangat. tapi beliau sedikit bingung ketika sy beri bantuan,tp syukurlah beliau akhirnya mau menerimanya.

    senang bisa berbagi

  • @Rusmala Dewi, baik Ibu Dewi terima kasih banyak atas masukkannya. Sebenarnya setiap membuatkan rekening bank kami berulang-ulang telah menjelaskan kepada warga ybs, namun memang kadang-kadang belum cukup jelas terutama bagi lansia. Kami akan perhatikan masukkan ibu untuk lebih baik lagi ke depannya. Inisial ibu sebagai donatur tetap sudah kami cantumkan di halaman ini dan halaman daftar donatur. Sekali lagi terima kasih atas bantuan dan feedbacknya.

  • Saya sudah berkunjung ke tempat Pekak Minik pada tanggal 22 February 2015, dan saya bawa sembako..
    Seperti yang saya sampaikan bahwa saya akan menjadi donatur tetap dengan mengirim 100.000/bln ke rekening beliau dan saat ini saya sudah melakukan pentransferan sebanyak 2 kali.

    mohon disampaikan kepada yang bersangkutan untuk ke Bank setiap bulannya dan menarik uang tersebut, karena pada saat kesana beliau tidak mengerti dengan bantuan yang kita kirim tiap bulannya..
    saya sempat menjelaskan bahwa tiap bulan beliau harus ke Bank untuk mengambil uang yang kita kirimkan..

    Terimakasih

  • @Rusmala Dewi, terima kasih atas niat Ibu untuk membantu Pekak Minik. Mohon maaf sebelumnya, apakah Ibu ingin menjadi donatur tetap/tidak tetap untuk ybs?
    – Jika Ibu ingin menjadi donatur tidak tetap, mohon Ibu bisa langsung transfer ke rekening bank ybs.
    – Jika Ibu ingin menjadi donatur tetap, berarti Ibu berkomitmen untuk membantu ybs Rp. 100.000 setiap bulannya. Mohon info kami nama atau inisial untuk kami cantumkan di website.
    Demikian kami sampaikan, kami tunggu kabar selanjutnya dari Ibu. Terima kasih.

  • Scroll to Top